Jam : WIB.

Kamis, 24 Februari 2011

Konsep Pemasaran

Berkaitan dengan strategi pemasaran
Terdapat 5 konsep alternatif yang mendasari langkah organisasi dalam merancang dan melaksanakan strategi pemaasaran :
1. Konsep Produksi
2. Konsep Produk
3. Konsep Penjualan
4. Konsep Pemasaran
5. Konsep Pemasaran berwawasan sosial

Konsep Produksi
* Konsumen menyukai produk yang tersedia dengan harga terjangkau
* Manajemen fokus pada peningkatan efisiensi produksi dan distribusi
* Memiliki resiko besar karena fokus pada operasi internal dan kehilangan pandangan terhadap tujuan memuaskan kebutuhan serta membangun hubungan dengan pelanggan.

Konsep Produk
* Konsumen menyukai produk yang menawarkan kualitas , kinerja , dan fitur inovatif yang terbaik.
* Strategi pemasaran fokus pada perbaikan produk yang berkelanjutan.
* Dapat mengaburkan tujuan pemaasaran.

Konsep Penjualan
* Konsumen tidak akan membeli produk kecuali jika produk itu dijual dalam skala penjualan dan promosi yang besar.
* Terjadi pada barang yang tidak dicari dan tidak pernah dipikirkan untuk dibeli dalam keadaan normal seperti: asuransi.
* Menitikberatkan penciptaan transaksi penjualan dan bukan hubungan pelanggan jangka panjang yang menguntungkan.

Konsep Pemasaran
* Tujuan organisasi tergantung pada pengetahuan akan kebutuhan dan target pasar serta kepuasan yang lebih baik dari pesaing.
* Fokus pada penjualan dan keuntungan.
* Merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial
* Strategi pemasaran harus dapat memberikan nilai bagi pelanggan.
* Memperhatikan keinginan konsumen, persyaratan perusahaan , kepentingan jangka panjang konsumen , dan kepentingan jangka panjang masyarakat.

1 komentar: