Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga (bunga) :
1.Kebutuhan dana
2.Pesaing
3.Kebijakan pemerintah
4.Jangka waktu
5.Suku bunga sekarang
6.Suku Bunga pesaing
7.Target laba
8.Kondisi Ekonomi
Strategi Penetapan Harga untuk produk baru
1.Market Skimming Pricing : harga mula-mula tinggii dengan untuk produk/jasa memiliki kualitas tinggi.
2.Market Penetration Pricing : harga mula-mula rendah dengan tujuan untuk menguasai pasar.
Metode Penetapan Harga
1.Cost plus pricing : menambah total biaya dengan mark up/laba yang diinginkan.
2.Marginal pricing : marginal cost ditambah dengan laba yang diinginkan.
3.Target pricing (BEP pricing) : harga ditentukan berdasarkan titik impas.
4.Percived pricing : harga ditentukan oleh kesan pembeli terhadap produk yang ditawarkan.
5.Psychological pricing :penetapan harga yang mempertimbangkan aspek psikologis.
Formula Penetapan Bunga Kredit
Lending Rate = Harga Pokok + Spread
Dimana:
- Harga pokok merupakan seluruh biaya BPR. (Bank)
- Spread merupakan target laba.
Komponen Harga Pokok Bunga Kredit
- Cost Of Loanable Funds (COLF) : biaya bunga atas dana yang berhasil dihimpun BPR setelah dikurangi cadangan likuiditas.
- Overhead Cost : biaya-biaya selain biaya bunga yang dikeluarkan BPR.
Komponen Harga Pokok
- Risk Cost (Bad Debt) merupakan biaya resiko yang harus ditanggung BPR karena memberikan kredit kepada nasabah.
- Tax Rate merupakan tingkat pajak yang diperhitungkan atas penempatan dana pada kredit. Besarnya tergantung proyeksi spread yang ditetapkan BPR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar